Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Wednesday, March 25, 2009

langsing bukan mimpi

Nggak cowo, nggak cewe. Kalo uda masuk urusan berat badan yang hipos pasti minder (yang nulis curhat! xp) . Di otak mereka pasti terbesit keinginan untuk jadi kurusan, dan cara demi carapun mereka lakukan untuk mendapat berat badan yang selama ini menjadi pelabuhan mimpinya itu.

Okeh, ada beberapa hal yang mau saya omongin di sini tentang berat badan dan masalah-masalahnya. Tapi sebelum menginjak-injak tulisan saya lebih lanjut ,ada baiknya coba tanyakan pada diri sendiri dulu apakah kamu punya masalah sama BB apa enggak . Kalo enggak ada masalah ya udah, silakan baca postingan saya yang lain aja (hha. Maksa.). Tapi kalo misal iya, coba cek dulu berat badan ideal kamu dulu mustinya berapa.


Caranya :


BBI = (TB-100) ± 10%(TB-100)

Misal :

Tinggi badan (TB) = 175 kg

Berat Badan (BB) = 65 kg

BB Ideal =(175-100) ±10%(75)=75-7,5

=67,5 sampe 82,5 kg


Nah, merasa obesitas atau malah kurang gizi? Bagi yang merasa kurang gizi alias gizi buruk silahkan coba resep ngegemukin badan di postingan saya : Resep

Trus buat yang merasa obesitas, sekarang saya nanya, pengen kurus apa enggak? Yang pengen silakan tetep baca sampe habis, kalo yang enggak : “Aku sumpahin tambah ndud, ntar! !”


Masalah over weight emang bikin stress. Sebenernya nggak masalah sih, ndud asal sehat. Tapi biasanya orang-orag ngliatnya ke penampilan dan satu lagi risikonya entar ke kesehatan. Lemak biasanya ngumpul di perut (T.T), lengan, paha, pipi, sama betis, dan daerah-daerah itu emang sulit banget buat dikurusin. Eitt, tunggu. Jangan shock dulu, walaupun sulit semua itu pasti ada jalan keluarnya kok. Dicoba aja lah.

1. 1. Bulatkan Niat

Yang pertama yang harus dilakukan dari program ini adalah pembulatan niat. Kamu ngrasa niat nggak mau ngurusin badan? Sama aja kalo misal awalnya udah mulai ngurangin goreng-gorengan, trus tiba-tiba pembokat bikin mendoan panas sama kopi panas nikmat banget kita tergoda.. Ah, omong kosong.

Tanemin dalem hati :’kurus,kurus,kurus’

2. 2. Olahraga

Olahraga yang kayak apa sih, yang bakar lemak? Yang aerobic atau yang angkat beban?

Olahraga aerobic itu misalnya lari, renang, senam(kecuali senam hamil) dan macem2 yang bikin seluruh tubuh gerak. Tapi dari semuanya yang paling oke menurut saya adalah lari. Coba deh pake jaket yang tebel , syukur-syukur jaket parasit, pakek sepatu, lari siang hari sekitaran jam 2. Nggak perlu jauh-jauh. Awal-awal bolehlah muterin kompleks atau lapangan sepak bola. Dua puteran aja dulu, baru entar seminggu kemudian jadi 4-6 kali muter (hha!)

Eh, iya. Catetan buat yang satu ini : jangan ngedepanin gengsi atau malu. Kan tadi udah niat usaha mau ngurusin badan, jadi harus berjuang sekuat mungkin!! Jangan kemakan omongan orang : “eh, ada paus lari siang2” Atau “ lihat deh, masa lapangan muterin lapangan?”. Abaikan saja lah.

Tambahan jugag, jangan lupa pakek celana pas lari, kalo ada pakek celana training, kalo gag ada ya celana apa aja lah. Yang penting pake. Kalo nggak pakek ntar tag liatin lho..

“Trus gimana sama sit up?”

Sit up sebenernya bukan cara yang efektif buat ngecilin perut. Sit up Cuma berfungsi buat ngencengin otot perut, intinya yang buncit ya tetep aja buncit. Kalo mau perut kecil lari aja kayak saran di atas. Yang sabar dan yang rutin. Kalo nggak mau susah ya perutnya diiris aja, trus dikiloin.. Lumayan daging seger 50rb/kg.

“Kalo fitness?”

Humm, berdasar pengamatan, fitness itu bikin ketergantungan. Kalau rutin sih badan jos markantos, tapi kalo tiba-tiba nggak ada duit terus berhenti fitness sebulan aja, badan udah kayak ikan duyung lagi.. Huwa….


Kalo kamu milih angkat beban, itu jauh-jauh-jauh lebih baik. Karena ternyata angkat beban justru lebih efektif ngebakar lemak kamu dan ningkatin masa otot. Biasain aja tiap pagi angkat barbell. Usahain kanan sama kiri seimbang, ya? Takutnya kekar sebelah.. hha.

3. 3. Jangan Diet

Diet???? Ah, kuno!!!!! Bukan jamannya hari gini diet. Soalnya entar setelah kita diet dan ternyata itu sukses besar alias sudah mencapai berat badan yang kita mau, hasrat buat berhenti diet muncul lagi. Dan kamu tahu apa??? Berat badanmu balik lagi!!! Mau? Mau? Mau? (malah promosi)

vhe1 :“Trus gimana, bu?”

vhe2: “Ya jangan diet”

vhe1: “njut?”

vhe2: “njutmu kuwi! Hha!”

Intinya jangan diet tapi ubah gaya hidup kamu. Dari yang tadinya makan sehari empat piring, jadi tiga piring.. (Gile… Makan piring… ckckck) Nasi yang biasanya ambilnya banyak didikitin, kurangi karbohidrat, banyakin protein sama sayur.

Misal ni, ya, pagi cukup roti tawar dua biji sama susu, siang sayur bayem sama tahu, sore(sebelum jam 5) ikan sama buah.

Setelah jam lima usahain jangan maem. Apalagi ngemil. Ah, uang jauh2 nafsu syahwat untuk itu kalau mau kurus. Atur pola makan alias jangan sembarangan comot makan sana-sini, atur waktunya, frekuensinya, jumlahnya, dan jadikan itu kebiasaan rutin yang akan mengubah hidup besarmu. Jiahh!

4. 4.Minum Obat Diet?

Namanya juga obat, pasti dipake buat yang sakit. Sealami apapun, kalo obat ditujukan buat diet, diproduksi prabik, dikemas, pasti ada bahan kimianya yang insya Allah kata pak haji berbahaya. Efeknya sih mungkin TOP BGT, kamu bisa kurus dalam waktu pendek dan nggak perlu capek2 olahraga. Tapi belakangan? Kamu nggak pernah tahu obat itu ngapain aja di dalem tubuh kamu. Siapa tahu berat badan kamu turun dastis gara-gara jantung atau paru-paru kamu ilang gara-gara dilarutkan sama itu obat. Haha!

Tapi obat kan emang bahaya, dan kebanyakan obat diet itu setelah kita berhenti mengkonsumsinya, berat badan bakal balik lagi kayak semula dan justru tambah berat dari sebelumnya. Dua kali lipat, man! Wow! Amazing! (bisa buat tips ngegemukin badan nih : yang kurus minum obat diet aja dulu sampe kering, terus berhenti. hhe)

Pokoknya jangan minum obat deh, ya? soalnya obat macem ini memicu jantung berdetak lebih kenceng dan keringet yang over.

Ya kalo kamu kuat, kalo enggak? bisa-bisa nambah korban mati lagi gara-gara obat diet.

Orang 1: apa? Dia udah meninggal? Kok aku nggak tau?

Orang 2: Iya. Matinya ragis banget, kejang-kejang gitu.

Orang 1: emang kenapa sih?

Orang 2: pengen kurus, terus minum obat diet. Malemnya keringeten, deg-degan, terus kaku deh.

Orang 1: pasti belum pernah baca blognya si vhe div he-aja.blogspot.com, tuh..

Orang 2: ..

5. 5. Alternatif Lain

Alternatif lain? Ada beberapa sih, tapi tetep harus sambil ngejalanin poin 1, 2 dan 3 ya?

Janji??? (Janji bu.)

Oke, pertama adalah menjamu!

Jamu 1 : dua buah mengkudu mateng direbus sama air segelas, diminum (airnya bukan gelasnya!).

Jamu 2 : daun ceremai segenggam diremas-remas, direbus sama air segelas. saring, minum.

Jamu 3 : Bengle seruas dipotong, potong, rebus, saring, minum.

Pilih salah satu resep, minum sehari sekali aja. Terus buat yang cewe, rutin deh minum jamu galian singset tiap habis dapet. Rasakan manfaatnya!!

Alternatif yang kedua adalah sauna. Tenang aja, nggak perlu mahal untuk yang ini. cukup selimutan ebel di siang siang, trus ngumpet sampe badan kamu berairr semua. Sehat bgt wis..

Alternatif yang ketiga :PUASA. Oke banget yang ini. pagi harinya saur tai jangan banyak-banyak. Roti aja, atau susu aja. dan inget, habis saur jangan bobo lagi. Sama aja ntar. Trus malemnya pas buka jangan djadiin pelampiasan. Paksakan di suapan ke 8 kamu udah harus berhenti makan. Inget badan kamu yang kayak molen!

Yang terakhir, berdoa ajalah. Rajin-rajin tahajud, doa yang khusuk tiap habis solat fardhu bagi yang muslim. Atau bikin pengakuan dosa buat yang Kristen katholik, rajin ke pura buat yang Hindu dan ke Wihara buat yang budha.. Doa yang bener2 khusuk dan penuh pegharapan : “Tuhan, kuruskanlah badan ini..” hahahahaha.

Selamat mencoba! Smoga sukses!

0 comments:

Post a Comment